Salah satu hal paling sulit yang dihadapi dalam belajar bahasa
Inggris adalah bagaimana mengingat bentuk-bentuk tenses dan kapan menggunakan
tenses mana. Sebenarnya tenses tidaklah sulit untuk diingat (baik bentuk/rumus
maupun kapan digunakan) jika Anda mempelajarinya dengan benar.
Berikut adalah salah satu metode yang ditawarkan untuk lebih
memudahkan belajar dan mengingat tenses. Metode ini terdiri dari dua bagian.
Bagian pertama berkaitan dengan bagaimana cara mudah mengingat bentuk/rumus
tenses, dan bagian kedua berkaitan dengan bagaimana cara muda mengingat kapan
tenses digunakan.
BAGIAN PERTAMA: BENTUK/RUMUS
Di sini kita perlu melakukan ‘penyederhanaan’ dengan cara membuat
referensi waktudan kondisi terjadinya tindakan/keadaan.
1. Kita perlu membagi referensi waktu menjadi
tiga referensi waktu utama, yaitu:present (sekarang), past (lampau), dan future
(akan datang).
2. Semua tindakan dan keadaan bisa terjadi pada
sebuah saat tertentu yang kita sebut sebagai simple. Sementara itu, beberapa
tindakan dan keadaan bisa memiliki durasi dalam waktu dan kita menyebutnya
sebagai continuous atau progressive(sedang berlangsung). Dan beberapa tindakan
dan keadaan bisa telah selesai (memiliki sebuah akhir) dengan merujuk referensi
waktunya dan kita menyebutnyaperfect, yang berarti telah diselesaikan
(disempurnakan).
Tenses continous menggunakan kata kerja yang
berakhiran -ing, misal: playing, reading, drinking, cooking.
Tenses perfect menggunakan kata kerja ke-3, ada
yang beraturan (ditambah akhiran -ed, misal: played, kicked, studied) dan ada
yang tidak beraturan (misal: swum, read, eaten).
3. Tindakan dan keadaan tidak selamanya hanya
simple, continous, atau perfect saja. Tindakan dan keadaan bahkan bisa
keduanya: perfect dan continous, sehingga kita menyebutnya perfect continous.
Ini berarti bahwa tindakan atau keadaan telah sedang berlangsung dan telah
mencapai sebuah akhir. Kata kerja bantunya sesuai dengan referensi waktu.
Sekarang kita telah memiliki tiga referensi
waktu (present, past, dan future) dan empat kondisi terjadinya
tindakan/peristiwa (simple, continuous, perfect, perfect continuous). Kombinasi
antara tiga referensi waktu dan empat kondisi ini akan menghasilkan semua
tenses.
BAGIAN KEDUA: KAPAN MENGGUNAKAN TENSES
Time
|
Simple
|
Continuous
|
Perfect
|
Perfect Continuous
|
Present
|
I walk
|
I am walking
|
I have walked
|
I have been walking
|
Past
|
I walked
|
I was walked
|
I had walked
|
I had been walking
|
Future
|
I will walk
|
I will be walking
|
I will have walked
|
Iwill have been walking
|
BAGIAN KEDUA: KAPAN MENGGUNAKAN TENSES
Yang di atas itu baru
bentuk-bentuknya. Sekarang, bagaimana cara yang mudah untuk mengetahui kapan
sebuah tenses digunakan? Cerita yang akan Anda baca berikut mengandung semua
tenses di atas. Cobalah membentuk sebuah gambaran dalam pikiran Anda tentang keseluruhan
isi cerita berikut dan cocokkan dengan setiap tenses, dengan begitu Anda akan
lebih mudah mengingat kapan menggunakan masing-masing tenses. (Terjemahannya
hanya sebagai alat bantu saja).
Jane
is (present simple) a hairdresser.
At
the moment she is styling (present continuous) for a famous rock star.
The
first time she did this she was so nervous that she dropped (past simple) her
scissors.
She
was cutting (past continuous) hair for a well known singer.
Jane
had thought (past perfect simple) that she was not good enough to do this.
She
had been browsing (past perfect continuous) magazines for ideas.
Everyone
says she will become (future simple) a top stylist.
She
will be teaching (future continuous) her own students one day.
She
has written (present perfect simple) several articles on hair styling.
She
has been improving (present perfect continuous) her cutting skills
continuously.
By
next week she will have mastered (future perfect simple) several new
techniques.
Soon
she will have been working (future perfect continuous) as a hairdresser for
five years.
Jane
adalah seorang penata rambut.
Saat
ini dia sedang menata rambut seorang penyanyi rock terkenal.
Saat
pertama kali melakukan pekerjaan ini dia sangat gugup sampai menjatuhkan
guntingnya.
Waktu
itu dia sedang menggunting rambut seorang penyanyi terkenal.
Saat
itu Jane telah berpikir bahwa dia tidak cukup bagus melakukan pekerjaan ini.
Dia
telah membaca majalah-majalah untuk mencari ide-ide.
Semua
orang bilang dia akan menjadi penata-rambut terkenal.
Dia
akan mengajar murid-muridnya sendiri suatu hari nanti.
Dia
telah menulis beberapa artikel tentang penataan rambut.
Dia
telah sedang mengembangkan keterampilan memotong rambutnya secara kontinyu.
Pada
pekan berikutnya dia akan telah menguasai beberapa teknik baru.
Tidak
lama setelah itu dia akan telah sedang bekerja sebagai seorang penata rambut
selama lima tahun.
Cobalah untuk menghafal cerita ini (bahasa Inggrisnya) dan buat
sebuah gambaran waktu-waktu kejadiannya dalam pikiran Anda. Setiap kali Anda
menemukan masalah dengan kapan menggunakan tenses apa, kaitkanlah dengan cerita
ini
0 kata-kata:
Posting Komentar